Jakarta -
Kesha Ratuliu bersyukur memiliki suami seperti Adhi Permana yang mau turun tangan mengurus anak dan rumah tangga. Hal itu dirasakan Kesha ketika dirinya pergi berlibur ke Eropa bersama para sahabat untuk nonton konser Ariana Grande.
Selama Kesha berada di Eropa, Adhi harus mengurus ketiga anak mereka. Meski demikian, Kesha mengatakan sang suami tidak pernah mengeluh.
"Gak sih, dia gak pernah ngeluh sama sekali. Dia kayak kalau aku tanya, 'Gimana Sayang, anak-anak aman?'. 'Aman', gitu aja jawabnya. Dia kayaknya gak mau bikin aku kepikiran juga sih dan mungkin so far so good ya, jadi kayak ya gak ada yang harus dikeluhin," kata Kesha Ratuliu di Studio Pagi-pagi Ambyar Trans TV, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2026).
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Sepulang dari Eropa, Kesha dan Adhi bahkan menyempatkan diri menikmati waktu berdua. Mereka makan, jalan-jalan, hingga pijat bersama.
"Kita waktu itu sempat pacaran dulu berduaan kayak makan, jalan-jalan, pijat juga. Aku alhamdulillah dapat pijat karena aku kayak, 'Kayaknya aku gak bisa pijat deh', kan karena orang-orang pulang mau pijet gitu. Aku kayaknya nggak bisa pijet, nggak mungkin aku izin pijet lagi tuh kayaknya kurang bagus gitu ya minta ke suami. Jadi kayak eh ternyata dapet waktu berduaan kita pijet berdua," ungkapnya sambil tersenyum.
Menurut Kesha, sikap Adhi yang mau terlibat dalam urusan rumah tangga merupakan bentuk kerja sama antara suami dan istri. Ia pun bersyukur sang suami tidak memiliki pandangan patriarki mengenai pembagian tugas di rumah.
"Alhamdulillah sih suamiku mau diajak berkontribusi buat jagain anak-anak, bersihin rumah, beres-beres rumah karena yang kita pelajarin selama berumah tangga, rumah tangga tuh saling sih. Jadi kayak semuanya saling. Kalau berdua kayaknya semuanya akan terlihat lebih mudah dan ternyata emang bener gitu. Makanya sekecil-kecilnya juga sampai jagain anak dan beres-beres rumah tuh berdua jadinya kan terlihat lebih mudah kan," tegas Kesha.
Kesha berharap apa yang dilakukan Adhi dapat menjadi contoh bagi para suami. Terlebih, ia melihat lingkungan pertemanan sang suami juga memiliki kebiasaan yang sama dalam mengurus keluarga.
"Alhamdulillah aku bersyukur banget sih dan alhamdulillah sekarang Adhi ngonten kan. Jadi apa yang dia lakukan di rumah kelihatan gitu sama orang-orang. Jadi mungkin bisa jadi contoh juga untuk para suami-suami di rumah untuk ikut jagain, ikut bantuin istrinya. Kalau Adhi terlihat lebih mudah mungkin karena kerjanya dari rumah gitu, tapi mungkin banyak juga temen-temenku kok yang kerja 9 to 5, tapi pulangnya bantuin istrinya gitu," jelasnya.
Kesha menilai Adhi juga terbantu karena mendapat dukungan dari lingkungan sekitarnya. Ia menyebut sejumlah teman Adhi memiliki kebiasaan yang sama dalam mengurus anak dan rumah.
"Makanya kayak gak terlalu sulitlah untuk Adhi gitu karena teman-teman kita juga apalagi Yanda kan juga jagain anak-anaknya, turun tangan untuk jagain anak-anak, dan beres-beres rumah kan gitu. Jadi kayak gak sulit sih karena banyak support system dan di sekeliling dia tuh juga kayak gitu," pungkasnya.
(fbr/pus)